10 Macam Oleh-Oleh Umroh Terpopuler

10 Macam Oleh-Oleh Umroh Terpopuler

Membawa oleh-oleh umroh atau haji, bisa dibilang telah menjadi kebiasaan di tanah air. Tak hanya untuk keluarga dan kerabat dekat, oleh-oleh juga diperuntukkan bagi sahabat dan lingkungan tempat tinggal.

Dengan kata lain, hal ini telah menjadi semacam tradisi untuk menjenguk seseorang yang pulang dari tanah suci, baik dalam rangka beribadah umrah maupun haji. Tujuannya selain untuk mendoakan agar ibadah haji atau umrah tersebut diterima oleh Allah Swt dan menjadi haji yang mabrur, juga agar para tamu mendapatkan motivasi untuk segera menyusul menunaikan ibadah mulia tersebut.

Para tamu kemudian disuguhi bermacam-macam makanan ringan khas Arab Saudi dan tentunya air zamzam. Lalu, ketika para tamu hendak pulang, tuan rumah akan menyertakan oleh-oleh bagi mereka. Ya, tradisi ini sudah wajar sekali ditemui di Indonesia. Tak ada paksaan dalam menyertakan oleh-oleh untuk para tamu. Pun tak ada pula paksaan menyertakan oleh-oleh yang wah.

Nah, artikel ini akan membahas tentang sepuluh macam oleh-oleh umrah yang sering sekali dibawa pulang oleh para jamaah asal Indonesia. Berikut daftarnya.

1. Kurma, pilihan oleh oleh umroh terpopuler

Kalau berangkat umrah, rasanya janggal jika tidak bersiap membawa perlengkapan umrah seperti pakaian ihram, demikian pula jika pulang dari haji ataupun umrah, rasanya aneh bin janggal jika membawa pulang kurma sebagai oleh-oleh untuk sanak famili di rumah. Seakan-akan kurma sudah menjadi komoditas ikutan pasca umrah atau haji. Oleh karenanya, sangat wajar jika kurma dinilai sebagai oleh-oleh umrah nomor satu paling dicari.

Alasan mengapa kurma sangat populer sebagai oleh-oleh umrah adalah karena pertama, orang Indonesia hanya dapat menikmati kurma sepuas hati pada bulan Ramadan. Di bulan ini, kurma berbagai jenis mudah ditemui terjual di banyak toko. Entah karena permintaan pasar yang menjadikan penawaran akan kurma itu tinggi atau malah sebaliknya.

Jelasnya, di luar bulan Ramadan, kurma akan sangat jarang dijumpai kecuali jika Anda mengunjungi kawasan pemukiman warga keturunan Arab. Karena itulah, momen kembalinya seseorang dari tanah suci menjadi momen kurma dapat dinikmati lagi selain di bulan puasa.

Alasan kedua adalah karena mengkonsumsi kurma merupakan sunah Nabi Muhammad Saw. yang tersebut dalam hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari,

“Barangsiapa di pagi hari memakan tujuh butir kurma, maka ia tidak akan terkena racun dan sihir.”

Kabar baik bagi Anda yang menyukai kurma namun merasa kurma terlalu biasa untuk dijadikan oleh-oleh, kini ada variasi kurma yang unik, yaitu kurma Almond. Kurma Almond terdiri dari buah kurma yang bijinya dibuang dan diganti dengan kacang Almond. Anda dapat memberikan oleh-oleh unik ini pada keluarga Anda.

2. Air Zamzam, afdhalnya Oleh-oleh umroh

Oleh-oleh lain yang selalu diidentikkan dengan ibadah umrah adalah air zamzam. Ia wajib ada karena Anda tak dapat menemukannya di manapun jika tidak di tanah suci. Lagipula, entah kapan lagi bisa meneguk air yang sejarah kemunculan sumber mata airnya sangat fenomenal itu jika bukan dari oleh-oleh umrah.

Selain karena air zamzam merupakan air yang disebut-sebut dalam Alquran sebagai keajaiban karena mata airnya tidak akan pernah kering sampai kapan pun, air zamzam juga memiliki keutamaan dan khasiat. Di dalamnya terkandung zat-zat mineral yang sangat tinggi sehingga baik bagi kesehatan tubuh yang meminumnya.

3. Kismis, buah tangan umroh kesukaan anak-anak

Kismis adalah buah anggur yang dikeringkan yang juga lazim menjadi oleh-oleh umrah. Terdapat enam jenis yang biasa dijual sebagai buah tangan. Pertama, kismis jumbo yang berasal dari Chili atau Argentina. Ukurannya sangat besar, jauh melebihi ukuran kismis biasa. Kismis jumbo ini berwarna keemasan dan mengandung kadar antioksidan tinggi.

Kedua, kismis jumbo merah. Kismis jenis ini berukuran besar dan berwarna merah keemasan sehingga disebut kismis jumbo merah. Ia memiliki banyak kandungan mineral dan vitamin yang tubuh butuhkan, sehingga berkhasiat untuk kesehatan.

Ketiga, kismis simin. Kismis ini adalah jenis yang biasa digunakan sebagai campuran dalam masakan, seperti nasi kebuli misalnya. Keempat, kismis Turki. Seperti namanya, ia berasal dari Turki. Warnanya agak gelap dan berukuran sedang. Rasanya perpaduan antara manis dan asam sehingga biasa ditemui sebagai hiasan atau isian roti.

Kelima, kismis Iran. Kismis ini yang biasa dibeli oleh para jamaah umrah sebagai oleh-oleh. Ukurannya kecil dan berwarna keemasan. Terakhir, kismis hitam yang berasal dari Amerika. Kismis jenis ini yang biasanya digunakan sebagai topping roti dan kue kering.

Kismis rupanya juga memiliki banyak manfaat. Selain sebagai bahan campuran makanan seperti yang telah disebutkan di atas, kismis juga dapat mengobati sembelit, mencegah gejala anemia, mencegah kanker, memperlancar peredaran darah dalam tubuh, dan berfungsi sebagai antioksidan.

4. Mukena, oleh-oleh umroh untuk ibu-ibu

Bukan hanya barang yang dapat dikonsumsi saja yang pantas menjadi oleh-oleh umrah, tapi juga barang bermanfaat lain seperti mukena sebagai alat salat. Model mukena bermacam-macam dan terbuat dari berbagai bahan, di antaranya mukena spandex, katun, polyester, serta parasut. Anda dapat memilihnya sesuai dengan selera dan anggaran.

5. Sajadah, bawaan sepulang umrah yang ringkas

Jika Anda ingin memberikan oleh-oleh yang simpel dan praktis, maka sajadah adalah pilihan yang tepat. Dengan harga yang lebih terjangkau daripada mukena, sajadah dapat menghemat anggaran belanja oleh-oleh Anda. Opsi motif dan warna sajadah sangat beragam sehingga Anda tak akan kesulitan mendapatkan yang Anda inginkan. Adanya sajadah yang dibeli di tanah suci ini juga merupakan opsi agar ketika kita di tanah air, bisa semakin khusyuk beribadah dan berdoa.

Baca Juga: Kumpulan Doa Ketika Umroh

6. Kopiah atau Peci, oleh-oleh populer walau juga tersedia di tanah air

Dalam memberikan barang sebagai oleh-oleh, ada baiknya Anda menilai sisi manfaatnya pula, sehingga oleh-oleh pemberian Anda akan bermanfaat bagi penerima. Seperti kopiah atau peci untuk laki-laki, misalnya. Kopiah atau peci ini sudah pasti akan bernilai manfaat karena sering dipakai sebagai penutup kepala saat salat. Terlebih lagi harganya sangat terjangkau.

7. Baju Khas Timur Tengah, cocok untuk sanak saudara

Biasa disebut gamis, baju khas timur tengah ini juga merupakan oleh-oleh umrah yang banyak dicari. Gamis tersedia dalam berbagai model, baik untuk pria maupun untuk wanita dan sangat cocok sebagai buah tangan untuk keluarga dan orang-orang terdekat Anda.

8. Kacang Arab, pas untuk ngemil sekeluarga

Kacang Arab jenis futsuk memiliki perpaduan rasa yang manis dan gurih serta dipercaya sangat bermanfaat bagi ibu-ibu hamil. Kacang Arab ini biasa terhidang untuk para tamu yang datang berkunjung.

Selain futsuk, ada pula kacang Almond dan kacang Arab jumbo. Kacang Almond lebih terkenal jika dibandingkan dengan kacang Arab jumbo, namun harganya lebih mahal.

9. Cokelat Arab, buah tangan kesenangan anak-anak

Rasa cokelat Arab tak kalah enak dengan cokelat kurma atau cokelat Almond, yaitu variasi olahan cokelat dengan mencelupkan buah kurma atau kacang Almond dalam cokelat leleh lalu membekukannya.

Cokelat Arab sangat cocok untuk anak-anak. Coba hidangkan cokelat ini untuk tamu Anda yang membawa anak kecil, pasti langsung habis seketika itu juga.

10. Kosmetik Arab

Kosmetik Arab berupa parfum, lipstik, celak pensil, dan lain-lain sudah mendapat tempat di hati dan meja rias para wanita dalam negeri. Maka, mengapa tak sekalian menjadikan kosmetik tersebut sebagai oleh-oleh untuk kerabat atau teman-teman wanita Anda? Mereka pasti dengan girang hati menerimanya.

Yang perlu diperhatikan dari membawa serta oleh-oleh adalah ada tidaknya ruang dalam koper atau tas Anda untuk menyimpan tambahan beban tersebut. Jika masih ada ruang yang cukup, maka tentu tak jadi masalah. Namun, jika koper Anda hanya cukup mewadahi sebanyak barang yang Anda bawa berangkat dari Indonesia, maka alangkah baiknya jika Anda tak usah memaksakan diri membawa oleh-oleh umrah.

Oleh-oleh umroh banyak tersedia di toko-toko di tanah air, baik toko online maupun toko offline. Anda dapat membelinya setelah kembali ke rumah. Memang pasti terdapat perbedaan antara membeli oleh-oleh di Mekah dengan di Indonesia. Tapi setidaknya, Anda tak harus mengalami masalah dengan beban bawaan, bukan?

Leave a Comment